Kamis, 15 Desember 2011

Sastrawan Arab

Zuhair bin Abu Sulma al-Muzanni

Zuhair bin Abu Sulma al-Muzanni, gelarnya disandarkan pada ayahnya yang memiliki anak perempuan Sulma (سلمى), maka ia terkenal dengan Abu Sulma (أبو سلمى). Ia dibesarkan dilingkungan para penyair, maka mempengaruhi ke dua anaknya yang menjadi para penyair yaitu Ka’ab (كعب) dan Buzair (بجير). Ia berumur panjang sekitar 90 tahun, dan mengisi hidupnya menjadi ahli hikmah yang berpengalaman serta memiliki ideology yang positif. Zhair terkenal juga sebagai Shahib al-Hauliyat sebab tidaklah ia membuat puisi kecuali ia akan menganalisinya secara sistematis , ini menunjukkan akan pemahamannya terhadap sastra. Ia wafat sebelum datangnya Islam.
Teks
Teks ini merupakan sebagian mu’allaqat (معلقة) Zuhair lebih dari 60 bait yang ia buat, tentu saja dengan bermacam-macam tujuan, ia memulainya dengan peperangan, menghentikan kerusakan, mendeskripsikan sapi, dan 2 peperangan. Lalu ia memuji 2 tokoh (هرم بن سنان) dan (الحارث بن عوف) yang telah mendapatkan kesepakatan untuk berdamai setelah perang berkepanjangan hampir saja membinasakan mereka. Setelah memuji mereka yang menghentikan peperangan, ia memberikan nasihat dan hikmah; Judul yang di atas.
Maksud dari "Judul di atas", sengaja saya mempertahankannya sebagai tanda terjemahan dari buku الأدب والنصوص . Besok, insyaAllah saya akan mempostingkan Puisi dari Abu Sulma ini yang berjudul حكم وتجارب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar